Home > Retro

Dear God, Lagu Warnet Karya Avenged Sevenfold Terbaik Sepanjang Masa

Avenged Sevenfold bakal konser di Indonesia pada 25 Mei 2024.
Avenged Sevenfold. (Billboard)
Avenged Sevenfold. (Billboard)

FILMUSIKU.com — Anak remaja 2000-an yang akrab dengan warnet (warung internet) ketika mendengar nama band Avenged Sevenfold, pasti langsung teringat dengan “Dear God”. Lagu ballad dari band bergenre metalcore ini sukses besar pada masa itu, bahkan menjadi hit terbaik mereka sepanjang masa.

Dear God” membawa pendengarnya ikut merasakan keputusasaan lewat liriknya yang berserah pada Tuhan, padahal mereka tidak percaya dengan keberadaan-Nya. Tetapi karena memang kondisi terpojok dan tidak tahu lagi ke mana akan bersandar, mereka pun memilih Tuhan.

Musik dengan efek gitar nuansa country dipadu lirik, membuat pendengar ikut merasakan kesepiannya. Seperti mencari ‘pertolongan’ tetapi tidak ada yang mendengarnya, berharap suatu saat dia bertemu seseorang yang akan tetap berada di sampingnya.

Hook lagu ini berada pada refrain yang baitnya di awali seperti judul lagu, sehingga lagu ini menjadi sangat mudah diingat. Lagu ini lahir dari album self-titled bertajuk Avenged Sevenfold yang dirilis 2007, sementara video klipnya baru dirilis 2008.

Avenged Sevenfold (disingkat A7X), adalah salah satu band metalcore sukses di awal abad ke-21. A7X merupakan sebuah band heavy metal asal Amerika Serikat dengan lagu terpopuler mereka "Dear God".

Meski dirilis pada 2007, “Dear God” tetap menjadi salah satu lagu hits terbaik Avenged Sevenfold. Band metalcore yang dipuji sebagai salah satu band terbaik sepanjang masa ini, memiliki penggemar terbesar di Asia dan Indonesia.

Salah satu yang membuat Avenged Sevenfold menjadi band metal yang banyak disukai, karena musik mereka yang dinamis, tidak keras sepanjang lagu. Begitu pula teknik menyanyi sang vokalis yang nggak melulu grawling atau screaming.

Rupanya konsep ini memang sesuai dengan arahan produser Mudrock, yang diceritakannya dalam DVD bertajuk All Excess. Dan ternyata keinginannya itu sesuai pula dengan konsep yang sudah lebih dulu terpikirkan oleh sang vokalis, M Shadows.

"Satu hal yang saya lihat di Internet, dan yang ingin saya luruskan adalah, ketika saya bertemu band ini, sebelum mereka merekam Waking The Fallen, Matt memberikan saya CD dan berkata, 'Rekaman ini penuh teriakan, rekaman yang ingin kami buat adalah setengah berteriak dan setengah bernyanyi. Saya tidak ingin berteriak lagi, tapi saya akan membuat rekaman yang setengah menyanyi dan setengah berteriak, dan rekaman setelah itu hanya akan berisi nyanyian'. Mereka sudah tahu bahwa mereka ingin membuat rekaman nyanyian pada saat itu. Saat City Of Evil keluar, itulah yang memang ingin dilakukan band ini sebagai artis," ucap Mudrock.

Hal itu yang membuat lagu-lagu mereka tetap bisa dinikmati bagi mereka yang tidak suka dengan band metal. Meskipun ada beberapa lagu mereka yang keras dari awal sampai akhir, pendengar bisa memilih untuk tidak mendengarkannya jika tidak suka.

A7X akan menggelar konser mereka pada 25 Mei 2024 mendatang di Stadion Madya GBK Jakarta. Indonesia menjadi negara Asia satu-satunya yang didatangi oleh Avenged Sevenfold. Berikut ini lirik lagu “Dear God”.

× Image