Home > Update

Rowan Atkinson Sebut Setiap Komedi Pasti Menyinggung

Film Agak Laen disebut ableis dan misoginis.
Poster film Agak Laen. (Imajinari)
Poster film Agak Laen. (Imajinari)

FILMUSIKU.com — Memutuskan untuk menonton film komedi, artinya harus siap menertawakan apa yang disajikan dalam tontonan tersebut, jika lucu. Tetapi bagaimana menyikapi komedi-komedi yang dianggap tidak lucu, seperti dalam beberapa adegan di film Agak Laen yang ternyata mendapat kritik keras?

Komedian dengan peran ikonik sebagai Mr. Bean, Rowan Atkinson, pernah mengungkap pandangannya tentang dunia komedi. Ia menegaskan, komedi itu pasti menyinggung atau setidaknya pasti berpotensi menyinggung. “Itu tidak dapat dihilangkan,” kata Atkinson dalam wawancaranya dengan Irish Times 2022 lalu.

Menurut dia, setiap lelucon itu pasti memakan ‘korban’ karena memang seperti itu lah definisi dari lelucon. “Seseorang atau sesuatu atau sebuah ide dibuat terlihat konyol,” ujar komedian senior berusia 69 tahun itu.

Meskipun begitu, Atkinson juga mengingatkan agar komedian pun harus berhati-hati ketika melempar lelucon. Dalam masyarakat yang bebas, semua masyarakat harus diizinkan melempar lelucon apapun. Tetapi perlu diingat, tidak semua orang atau kondisi orang, bisa dijadikan lelucon.

Stand-Up Comedian asal Amerika Serikat, Kevin Hart mengungkapkan rasa cintanya pada komedi, dan menyebut komedi sebagai tulang punggungnya.

“Hal-hal yang menurut kami dapat ditertawakan dan disukai oleh orang-orang, dan pada akhirnya memiliki tingkat 'rasa senang' yang tinggi, hal-hal tersebut menjadi konten yang bagus untuk brand kami,” kata Hart dalam wawancara dengan Variety 2022 lalu menyoal merger antara perusahaannya, Hartbeat Production dengan Laugh Out Loud.

Selain itu, bagi Hart, komedi juga harus menghargai inklusivitas dan mewakili pikiran sebanyak mungkin penontonnya. “Hartbeat bertujuan untuk menjangkau banyak konsumen berbeda dengan beragam minat,” kata dia.

× Image