Home > Anime

Jujutsu Kaisen Jadi Pembuktian Jepang Masih Kental dengan Hal Gaib

Genre spiritual masih menjadi favorit dalam anime.
Karakter dalam Jujutsu Kaisen. (Imdb)
Karakter dalam Jujutsu Kaisen. (Imdb)

FILMUSIKU.com — Genre spiritual dalam anime sudah tidak asing lagi bagi para penikmatnya. Berbagai judul sedari tahun 1990-an, genre spiritual masih menjadi pilihan favorit para komikus dan studio anime Jepang.

Tidak dipungkiri hampir di setiap negara di Asia, masih kental dengan hal-hal gaib dan magis yang memang cerita atau mitosnya diceritakan secara turun temurun di tiap generasi hingga saat ini. Maka tidak heran jika "Jujutsu Kaisen" banyak digemari dan ditunggu-tunggu.

Alasan dibalik tingginya animo penonton "Jujutsu Kaisen" mungkin dari segi cerita atau penokohan karakter yang erat dengan hal-hal gaib, di mana masyarakat Jepang sendiri masih percaya perihal tersebut.

Pada serial "Jujutsu Kaisen" musim pertama, peran utama yakni Yuji Itadori, seorang anak laki-laki pada sekolah menengah atas atau SMA di Jepang, memiliki niat awal hanya ingin bersantai di sekolah dengan mengikuti kegiatan klub atau ekstrakuler penelitian gaib yang menurut dia sepi peminat.

Namun takdir berkata lain, baru saja Yuji bergabung, hal-hal di luar nalar mulai muncul mengganggu dan membahayakan kesalamatannya dan teman-teman klubnya. Secara kebetulan, Yuji memang memiliki kemampuan supranatural yaitu bisa melihat sosok terkutuk di mana hanya orang-orang tertentu yang dapat melihat sosok terkutuk ini.

Ternyata salah satu teman clubnya menemukan kotak berisikan jari dari kutukan roh terkuat, yaitu Ryomen Sukuna. Naas menimpa Yuji karena keadaan terdesak melawan kutukan yang kuat, dia harus menelan jari dari kutukan yang paling kuat, demi menyelematkan teman-temannya.

Entah karena Yuji memiliki kemampuan fisik di atas rata-rata, tanpa diduga Yuji mampu mengatasi efek samping dari menelan jari Sukuna tersebut. Ia tidak kehilangan nyawa dan bahkan masih dapat mengendalikan dirinya sendiri.

Semenjak kejadian itu, Yuji mau tidak mau harus menjadi rekrutan terbaru penyihir Jujutsu yang rupanya adalah organisasi penyihir yang sudah eksis berabad-abad, untuk memberantas kutukan yang mengganggu keselamatan manusia.

Tidak lain tidak bukan, yang akan menjadi guru serta mentor Yuji dalam menempuh kehidupan seorang penyihir Jujutsu adalah Gojo Satoru, seorang penyihir Jujutsu terkuat yang hanya muncul ratusan tahun sekali ke dunia.

Keseruan petualangan Yuji menjadi penyihir Jujutsu pun di mulai. "Jujutsu Kaisen" mengajarkan penontonnya tentang dampak buruk dari energi negatif manusia. Bahkan hanya dengan berpikir negatif saja, itu bisa menciptakan roh terkutuk yang mengganggu kehidupan.

Sayangnya, banyak manusia yang tidak mampu menahan energi negatif dari dirinya. Ketika seseorang melepas energi negatif, maka itu bisa mempengaruhi kehidupan banyak orang, seperti roh-roh terkutuk itu.

"Jujutsu Kaisen" musim pertama masih bisa disaksikan di Netflix, dan musim kedua juga sudah tersedia. Serial anime ini baru saja meraih 11 piala Crunchyroll Anime Awards 2024, salah satunya kategori utama yakni Anime of The Year.

× Image