Home > Skena

Lagu Keluarga Yura Yunita, Karya Terakhir Glenn Fredly Beberapa Hari Sebelum Meninggal

Lagu Keluarga yang dinyanyikan Yura Yunita menjadi OST Glenn Fredly The Movie,
Yura Yunita kala menerima Piala Citra 2023 lewat lagunya Jalan Pulang. (Instagram Yura Yunita)
Yura Yunita kala menerima Piala Citra 2023 lewat lagunya Jalan Pulang. (Instagram Yura Yunita)

FILMUSIKU.com — Penyanyi Yura Yunita baru saja merilis lagu “Keluarga” yang akan menjadi original soundtrack Glenn Fredly The Movie. Ia mengungkapkan, lagu ini merupakan karya Glenn Fredly yang diciptakan beberapa hari sebelum Glenn meninggal.

Dalam feed Instagram, Yura Yunita bercerita bahwa Glenn selalu bermimpi memiliki keluarga kecil, hingga putrinya, Gewa, lahir. Namun, 40 hari setelah kelahiran anaknya, justru Glenn pergi meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya.

“Ternyata beberapa hari sebelum ia berpulang, ia sempat menuliskan hadiah terakhir, yang baru saja ditemukan sang istri di voice note handphone pribadi Glenn,” tulis Yura kemarin, Jumat (15/3/2024).

“Sebuah kehormatan, Yura diminta untuk menyanyikannya, menyelesaikan karya terakhirnya. Selamat mendengarkan “Keluarga”,” tulis Yura mengakhiri unggahannya itu.

Pantas saja, jika mendengar lagu “Keluarga” ini, notasi-notasinya terdengar seperti khas Glenn Fredly. Karena gaya musik Yura dan Glenn tentunya ada ciri khas masing-masing, begitu pula musisi lainnya, dan di lagu ini pendengar bisa merasakan bahwa lagu “Keluarga” memang diciptakan oleh Glenn.

Lagu “Keluarga” memiliki lirik yang membicarakan tentang arti menjadi keluarga. Bagaimana berkumpul dalam suasana yang menyenangkan merupakan momen yang tak ternilai harganya. Berbagi tawa dan cerita, serta menerima kurang dan lebih satu sama lain anggota keluarga.

Dengan aransemen minimalis gitar dan piano yang manis dibalut vokal Yura yang lembut, memberikan lagu “Keluarga” nuansa yang mengajak pendengarnya untuk memaknai penerimaan satu sama lain sebagai sebuah keluarga.

Proses penemuan lagu ini terjadi ketika produser Glenn Fredly The Movie, Daniel Mananta, dan DAMN! I Love Indonesia Pictures sedang melakukan riset tentang keluarga Glenn. Diharapkan, lagu “Keluarga” bisa menjadi OST Glenn Fredly The Movie yang mampu memberikan dampak lebih, dan mengetahui lebih mendalam tentang film dan visi yang dimiliki oleh Glenn.

“Kami menemukan sebuah lagu yang sempat direkam oleh almarhum Glenn Fredly di handphone pribadinya. Ini direkam setelah putrinya lahir ke dunia. Seperti yang kita semua tahu, sebulan setelah putrinya lahir, Bung Glenn meninggal dunia. Judul lagu tersebut adalah “Keluarga”,” ujar Daniel.

Apalagi, Glenn memiliki visi bukan hanya memimpikan keluarga pribadi untuk dirinya tapi juga mengharapkan kita, satu Indonesia juga bisa menjadi sebuah keluarga besar, tanpa melihat lagi perbedaan. “Sehingga, untuk original soundtrack Glenn Fredly The Movie kami memutuskan menyelesaikan lagu ini sebagai bentuk dedikasi ke Bung Glenn,” kata Daniel.

Yura, yang dipercaya menyanyikan lagu “Keluarga” tentu bukan sosok yang asing. Glenn adalah sosok sahabat, mentor, sekaligus teman yang baik dalam hidup dan karier bermusik Yura.

“Membawakan lagu “Keluarga” yang diciptakan Kakak Glenn yang belum pernah dirilis dan kini setelah dia meninggalkan kita semua, rasanya seperti kembali berbicara dengannya. Semoga lagu “Keluarga” yang akan menjadi OST Glenn Fredly The Movie bisa memberikan kita ruang untuk lebih mengenali sosok Kak Glenn lebih dekat,” kata Yura.

× Image