Home > Skena

Niscaya Bilal Indrajaya Jadi Lagu Cogan Tiktok, Ditolak Produser Hingga Dilirik Laleilmanino

Lagu Niscaya dari Bilal Indrajaya diproduseri Laleilmanino.
Cover album Nelangsa Pasar Turi. (Aksara Record)
Cover album Nelangsa Pasar Turi. (Aksara Record)

FILMUSIKU.com — Beberapa hari ini, Tiktok sedang diramaikan dengan ‘konten cogan’ sembari menyematkan lagu “Niscaya” milik Bilal Indrajaya. Sudah didengar hingga 12 juta kali di Spotify, lantas seperti apa proses penggarapan lagunya?

Cogan sendiri merupakan akronim dari ‘cowok ganteng’, jadi dalam konten tersebut berisi lelaki-lelaki usia gen Z yang berwajah rupawan sembari merekam aktivitas harian mereka. Tak lupa mereka juga sesekali bergaya ke hadapan kamera untuk tebar pesona.

Lewat akun Tiktok miliknya, Bilal menceritakan awal mula pembuatan lagu yang masuk dalam album Nelangsa Pasar Turi itu. “Jadi sekitar tahun 2020, gue lagi berkunjung ke studio temen gue. Terus temen gue dengan bandnya lagi jamming, mereka jamming lagu “Get Lucky”,” ujar Bilal dalam video yang diunggahnya.

Band temannya itu mengaransemen lagu “Get Lucky” dengan genre groovy, funky, dan dancey. Dari situ, Bilal terkesima dan terpikirkan untuk membuat lagu yang bisa dibuat joget. Secara spontan, saat itu juga, Bilal mencipta lagu “Niscaya”.

“Karena memang nggak ada niatan apapun, akhirnya gue simpen di draft, draft demo gue. Sampai akhirnya selama setahun gue keliling-keliling propose lagu itu ke produser yang gue kenal, tapi belum berjodoh, beberapa menolak, nggak cocok segala macem,” papar Bilal.

Lalu pada 2021, keberuntungan menuntunnya pada pertemuan tidak sengaja dengan Laleilmanino ketika sedang hang out bareng. Awalnya pertemuan itu tidak ada pembicaraan musik sama sekali, hingga akhirnya Laleilmanino bertanya pada Bilal, ‘Eh Bil lu ada lagu yang belum diapa-apain nggak?’ Yang belum dirilis atau belum direkam.

Dengan cepat Bilal mengatakan bahwa dia memiliki banyak lagu yang masih tersimpan dalam draft demo miliknya. Akhirnya, Bilal memilih memainkan lagu “Niscaya” di depan Laleilmanino. Tanpa disangka, Laleilmanino langsung meminta untuk memproduseri lagu tersebut dengan sangat antusias.

“Singkat cerita, tentu saja gue iyakan. Kami rekaman. Laleilmanino punya peran yang sangat penting di proses kreatif lagu “Niscaya”. Karena mereka juga lah yang mempercantik lagu itu,” ucap Bilal.

Ada bagian-bagian dari lagu “Niscaya” yang diberi sentuhan lebih cantik, seperti pada bagian ‘Meski di hati kau yang pertama ya’. Dan kalau kita dengar bagian itu, memang terasa seperti lagu khas yang sering dibuat Laleilmanino. Juga tempo dan penekanan pada bagian refrain.

Laleilmanino juga menyarankan untuk memakai vocal director, lalu diajak lah Kamga Muhammad. Lagu ini dirilis pada 2021, namun masuk dalam album Nelangsa Pasar Turi yang dirilis pada 2023. Berikut ini lirik puitis “Niscaya” milik Bilal Indrajaya.

× Image