Home > Drama

Ini Alasan Rambut Bella dalam Poor Things Tergerai Panjang Hingga Paha

Rambut Bella dalam Poor Things memiliki panjang 44 inci.
Rambut panjang Bella. (Searchlight Pictures)
Rambut panjang Bella. (Searchlight Pictures)

FILMUSIKU.com — Ada sebuah adegan dalam Poor Things, di mana rambut protagonis Bella Baxter (Emma Stone ) digambarkan seperti 'sutra di atas telur yang tembus cahaya'. Alasan rambut Bella tergerai panjang, adalah sebagai pembeda bahwa dirinya memang tidak sama dengan manusia normal kebanyakan.

Film ini dibuka dengan peristiwa bunuh diri Bella, dengan gambar close-up bagian belakang kepalanya, memperlihatkan rambut yang dijepit dengan gaya yang populer di kalangan wanita dalam masyarakat sopan dulu, sulur-sulurnya sulit diatur hingga keluar dari sangkar tatanan rambutnya.

Komedi gelap ini merupakan adaptasi dari novel tahun 1992 karya penulis dan seniman Skotlandia Alasdair Grey, yang memadukan surealisme dan fiksi ilmiah dengan komentar politik dan sosial. Bertempat di London zaman Victoria, kisah Frankensteinian menceritakan kisah Bella yang dihidupkan kembali oleh ahli bedah Dr Godwin Baxter (Willem Dafoe) setelah ia bunuh diri karena hamil anak yang tidak diinginkannya.

Dr Baxter akhirnya menukar otaknya dengan otak anaknya yang belum lahir, menyebabkan Bella harus belajar lagi tentang dunia yang dia tinggali lagi. Sepanjang alur narasinya, saat karakter Bella berkeliling dunia, rambutnya secara simbolis menjadi lebih panjang dan sulit diatur.

Film terbaru karya sutradara asal Yunani Yorgos Lanthimos ini, meraih Tata Rias dan Rambut Terbaik Oscar 2024 serta di panggung BAFTA 2024. Kepala penata rambut dan penata rias untuk Poor Things, Nadia Stacey, mengatakan rambutnya sengaja dibiarkan tergerai sebagai penanda ketidaksesuaiannya dengan masyarakat.

“Seperti yang kita lihat, semua wanita di sekitarnya memiliki gaya rambut kuno. Seiring berjalannya film, rambut juga tumbuh dengan kecepatan yang meningkat. Jadi saya mengubah panjangnya saat dia menjalani perjalanannya dan berakhir dengan rambut sepanjang 44 inci,” ungkap Stacey melansir Wallpaper.

× Image