Home > Update

Raline Shah Hadiri Cannes Film Festival 2024 Kenakan Kebaya Khas Indonesia

Raline Shah ingin memperkenalkan keindahan budaya Indonesia lewat Kebaya.
Aktris Raline Shah dalam balutan kebaya Sapto Djojokartiko. (Cannes Film Festival)
Aktris Raline Shah dalam balutan kebaya Sapto Djojokartiko. (Cannes Film Festival)

FILMUSIKU.com — Cannes Film Festival 2024 yang kembali menjadi magnet bagi insan film dunia, resmi ditutup pada Sabtu (25/5/2024) lalu, dengan membagikan berbagai penghargaan terbaik sebagai hasil dari penjurian festival. Aktris Raline Shah yang diundang hadir di sana, tampak anggun mengenakan kebaya khas Indonesia.

Raline Shah mengenakan busana karya desainer tanah air yang mengangkat ciri khas budaya Indonesia yaitu kebaya. Memadukan kebaya dan sepatu dari Sapto Djojokartiko warna putih gading dengan perhiasan dari Chopard, Raline Shah mengatakan ingin perkenalkan keindahan busana Indonesia.

“Saya tetap ingin memperkenalkan kecantikan busana khas kita, terutama kebaya, di acara-acara yang kerap menjadi pusat perhatian para pemerhati dunia hiburan dan fashion. Mudah-mudahan kebaya juga bisa mendunia seperti film-film terbaik Indonesia di berbagai festival Internasional,” kata Raline dalam keterangan tertulisnya.

Cannes Film Festival 2024 berlangsung sejak 14 Mei, yang juga dihadiri oleh para pelaku industri film dari Indonesia dan melakukan berbagai kegiatan, mulai dari pemutaran film hingga pelaksanaan acara dan pembukaan booth khusus. Raline Shah ikut menghadiri keseluruhan rangkaian festival, melengkapi kunjungannya yang ketiga ke Cannes sejak beberapa tahun silam.

“Cannes Film Festival selalu memberikan inspirasi bagi para pekerja seni film seperti saya untuk berkarya lebih baik lagi. Seminggu lebih saya menjadi ‘murid’ dan belajar banyak sekali dari para pekerja seni film terbaik dari berbagai negara di sepanjang rangkaian acara festival,” papar Raline.

Ia meyakini, dunia film Indonesia akan semakin maju dan terus menghasilkan karya yang makin sejajar dengan karya-karya terbaik sineas dunia lainnya. Hal yang paling ‘dicatat’ oleh Raline Shah sebagai murid adalah betapa dunia film global sudah semakin inklusif dan diverse, hal ini tidak hanya meliputi sineas dan karya tapi juga pasar dan seleranya.

“Ini membuka banyak kesempatan bagi karya film dan para pekerja seni seperti saya untuk tidak berhenti menghasilkan karya terbaik, karena dunia sudah semakin terbuka untuk karya film dengan berbagai latar belakang dan asal,” kata salah satu pemeran dalam film 5 Cm itu.

× Image