Home > Drama

Wonderland, Kecerdasan Buatan Yang Meruntuhkan Ekspektasi Kehidupan Manusia

Wonderland sedang tayang di Netflix.
Aktris Bae Suzy dalam film Wonderland. (Netflix)
Aktris Bae Suzy dalam film Wonderland. (Netflix)

FILMUSIKU.com — Dalam sebuah masa di mana kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kian maju pesat, manusia berkesempatan untuk berkomunikasi dengan orang terkasih yang telah pergi. Masa itu tergambar dalam film original Netflix terbaru, Wonderland, yang memperlihatkan layanan simulasi obrolan video.

Layanan tersebut merekonstruksi siapa pun yang telah pergi, dari wajah, suara, hingga cara merespon yang seolah mereka masih hidup. Teknologi yang diberi nama Wonderland itu menghubungkan pasangan dengan kakek dan nenek mereka yang telah meninggal, seorang wanita dengan pasangannya yang koma, dan seorang gadis muda dengan mendiang ibunya.

Bai Li, seorang koresponden Tiongkok, sakit parah, tapi dia menyembunyikannya dari putrinya yang berusia tujuh tahun, Bai Jia. Setelah Li meninggal, Jia menjadi dekat dengan versi ibunya di video call bahkan terlalu dekat.

Pramugari Gu Jung In menciptakan versi Wonderland dari kekasihnya, Park Tae Ju, yang koma di kehidupan nyata. Dia menghabiskan seluruh hari-harinya dengan versi virtual sang kekasih. Setelah sang kekasih kembali sadar, Jung In kesulitan beradaptasi dengan kehidupan bersama Tae Ju yang asli.

Karyawan Wonderland, Seo Hae Ri dan Kim Hyun Soo, mengumpulkan data tentang orang mati melalui konsultasi dengan banyak klien mereka. Dalam prosesnya, Hyun Soo yang bersama Hae Ri telah lebih dulu meniru beberapa anggota keluarganya, menemukan informasi tentang salah satu klien mereka yang mungkin mengubah hidupnya.

Satu hal yang jelas tentang Kecerdasan Buatan (AI) adalah bahwa ia memang dirancang ‘buatan’. Tentu saja, AI adalah masa depan, tetapi bisakah AI benar-benar menghilangkan pengalaman nyata dan menyembuhkan patah hati serta kesedihan?

Cerita Wonderland menunjukkan bahwa AI pada akhirnya hanya akan meruntuhkan ekspektasi kehidupan umat manusia. Mereka yang berkomunikasi lewat Wonderland, hanya berujung pada rasa amarah karena AI yang tampak begitu sempurna tidak sesuai dengan kehidupan nyata yang mereka jalani. Rasa duka justru akan terus menumpuk, dan pada saatnya dapat merusak psikologis.

Apakah layanan Wonderland benar-benar membantu kliennya berdamai dengan orang-orang yang telah pergi? Disutradarai oleh Kim Tae Yong, film ini dibintangi oleh Tang Wei, Suzy, Park Bo Gum, Jung Yu Mi, dan Choi Woo Shik, Wonderland kini sedang tayang di Netflix.

× Image