Home > Update

Ikut Aksi Kawal Putusan MK, Reza Rahadian Kritik Pemerintah

Reza Rahadian sangat berhati-hati dalam mengungkapkan pandangan politiknya.
Reza Rahadian dalam aksi di depan Gedung DPR RI, Kamis (22/8/2024). (Tangkapan Layar)
Reza Rahadian dalam aksi di depan Gedung DPR RI, Kamis (22/8/2024). (Tangkapan Layar)

FILMUSIKU.com — Dari mereka yang datang aksi hari ini di depan Gedung DPR RI, masyarakat meletakkan harapan agar demokrasi tetap bisa berdiri. Apalagi dengan hadirnya sejumlah figur publik, termasuk aktor senior Reza Rahadian.

Di tengah teriknya matahari, Reza berdiri di atas mobil aksi memegang mikrofon, lantang menyuarakan isi hatinya. “Ini bukan negara milik keluarga tertentu,” ungkap Reza, mengacu pada segelintir aturan yang kita ketahui bersama, dibuat untuk kepentingan satu orang saja.

“Kalau ada nomor dalam undang-undang hanya dikelola untuk keluarga tertentu, saya miris melihat itu semua,” kata Reza lagi. Ia juga mempertanyakan lembaga yang bertahun-tahun menamai diri ‘wakil rakyat’, bahkan hampir sulit menemukan aturan yang pro untuk rakyat.

“Hari ini kita mendapat kenyataan bahwa itu (putusan MK mengenai batas usia calon gubernur) dicoba dianulir, oleh sebuah lembaga yang katanya adalah wakil-wakil kita semua di sini. Lantas anda anda yang di dalam ini wakil siapa,” ucap Reza lantang.

Meski masyarakat sudah muak dengan semua drama yang dilakukan pemerintah, Reza berpesan agar massa yang hadir tetap bisa tertib dan menjaga demokrasi. Ia menegaskan dirinya tidak mewakili kepentingan apapun, tidak punya kepentingan personal, dan tidak ikut dalam partisipasi politik praktis apapun.

“Saya hadir hari ini sebagai rakyat biasa bersama teman-teman semua, tidak mewakili siapapun selain suara orang-orang yang gelisah hari ini melihat demokrasi kita seperti ini,” ungkap Reza.

Bersamaan dengan aksi hari ini, DPR RI pun memutuskan untuk menunda pengesahan RUU Pilkada, yang dalam tujuh jam saja sudah mencapai mufakat. Sementara masyarakat masih mengawal dan menuntut agar RUU Pilkada dibatalkan.

× Image