Home > Update

Nabila Taqiyyah Bikin Bangga di Pembukaan PON XXI, Memukau Bawakan Bungong Jeumpa

Nabila Taqiyyah merupakan penyanyi asal Aceh.
Penyanyi Nabila Taqiyyah. (Instagram @nabilataqiyyah)
Penyanyi Nabila Taqiyyah. (Instagram @nabilataqiyyah)

FILMUSIKU.com — Penyanyi asal Aceh yang juga merupakan runner up Indonesian Idol Season 12, Nabila Taqiyyah, memberikan penampilan yang membanggakan dalam pembukaan PON XXI. Nabila membawakan lagu “Bungong Jeumpa” dengan sangat merdu dan membuat merinding.

Saat bagian awal, Nabila menyanyikan lagu daerah Aceh tersebut dengan suara yang merdu dan iringan musik orkestra mendayu. Baru kemudian dari tengah lagu menuju akhir, Nabila menyanyikan dengan suara lebih lantang. Penampilannya diakhiri dengan tarikan suara melengking Nabila yang tegas.

Bisa dikatakan, suara Nabila kian matang setelah ‘lulus’ dari Indonesian Idol karena dulu seringkali ia dikritik memiliki suara yang kurang power. Kini, Nabila membuktikan bahwa ia semakin menunjukkan profesionalitas dalam setiap penampilannya yang luar biasa.

Nabila juga mengenakan busana yang sangat indah dari desainer Aziz Ramadhan, lalu di kedua sisi lengan, kain dengan motif batik Aceh dibuat mengembang. Dengan warna dasar gaun berwarna hitam, motif batik Aceh tersebut diberi sentuhan warna gold. Nabila juga mengenakan aksesoris cantik di hijabnya.

Rangkaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun ini, akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara, selama 9 hingga 20 September 2024. Pembukaan PON XXI digelar di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh. Tidak hanya Nabila, hadir pula penampil acara lainnya seperti Virzha dan Tiara Andini.

Mengutip laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kemegahan lagu “Bungong Jeumpa” seolah telah tersebar hingga ke pelosok negeri, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. Berikut ini sepenggal lirik lagu asal Aceh yang sangat populer itu.

Bungong Jeumpa Bungong Jeumpa

Meugah di Aceh

Bungong teuleubeh teuleubeh

Indah lagoina

Puteh kuneng meujampu mirah

Bungong si-ula si-ula

Lam sinar buleun lam sinar buleunangen peu ayonLuroh meususon meususon yang mala mala

mangat that meubee meunyo tatem com

Leupah that harom si bungong Jeumpa

Bungong Jeumpa adalah bunga kebanggaan masyarakat Aceh. Di luar Aceh, bunga ini dikenal dengan sebutan Bunga Kantil. Dahulu Jeumpa tumbuh liar di Bumi Serambi Mekkah karena Jeumpa memang tumbuhan endemik yang tumbuh subur dengan sendirinya tanpa ditanam terlebih dahulu.

Pohon-pohonnya yang tinggi dan besar mampu menyangga dahan dan ranting dengan bunga yang cukup banyak sehingga mengeluarkan keharuman yang khas di Aceh. Ironinya, saat ini pertumbuhan Jeumpa semakin langka, semakin sulit ditemukan.

Tak salah jika banyak generasi muda bertanya, ‘yang mana bunga Jeumpa itu?’, ‘seperti apa bunga Jeumpa itu?’.

Faktanya, jeumpa lebih dari sekedar bunga yang indah karena keberadaannya telah mempengaruhi banyak hal dalam kebudayaan Aceh, mulai dari upacara tradisi hingga ukiran pada bangunan, jeumpa turut memberi nilai estetika.

× Image