Home > Teror

Diluar Ekspektasi, Speak No Evil Mendapat Rating Terbaik

Film Speak No Evil masih tayang di bioskop.
Cuplikan adegan Speak No Evil. (Blumhouse)
Cuplikan adegan Speak No Evil. (Blumhouse)

FILMUSIKU.com — Film horor Speak No Evil mendapat ulasan yang sangat baik dan skor Rotten Tomatoes yang melampaui film aslinya. Hal itu menunjukkan bahwa versi yang lebih baru bukan sekadar pembuatan ulang, tetapi memiliki kualitas yang upgrade dari berbagai sisi produksi.

Film aslinya merupakan asal Denmark yang dirilis 2022, disutradarai oleh Christian Tafdrup. Film ini mengikuti sebuah keluarga Denmark yang mengunjungi keluarga Belanda, mengharapkan akhir pekan yang menyenangkan. Mereka segera menemukan rahasia yang mengganggu yang mengarah pada akhir Speak No Evil yang mencekam.

Mengingat film tersebut baru dirilis setahun sebelum pengumuman, penonton dan kritikus skeptis pada 2023 ketika sebuah berita mengonfirmasi bahwa Blumhouse berencana untuk membuat ulang film tersebut. Hollywood cenderung membuat ulang film populer internasional, kehilangan apa yang membuat film aslinya istimewa.

Contoh utamanya adalah Oldboy (2013), Father's Day (1997), dan Wickerman (2006). Namun, Speak No Evil mendobrak batasan dengan tidak hanya mempertahankan hal-hal yang membuat film aslinya hebat, tetapi juga mengembangkannya dengan cara yang bermakna.

Hasilnya, skor dan ulasan awal Rotten Tomatoes untuk film horor yang dibintangi James McAvoy tahun 2024 ini melampaui Speak No Evil tahun 2022.

Salah satu alasan terbesar mengapa versi 2024 dari Speak No Evil berhasil adalah, film tersebut sedikit berbeda dari cerita aslinya dengan cara yang lebih menghibur. Banyak ulasan memuji sutradara, James Watkins, karena menambahkan elemen cerita dan komentar asli ke dalam film tersebut alih-alih mengulang persis apa yang dikatakan versi Tafdrup.

Ulasan Daily Dead tentang Speak No Evil menekankan bahwa versi 2024 dari Speak No Evil karya Watkins ini berupaya untuk berdiri sendiri alih-alih bersaing dengan versi aslinya.

“Watkins dengan tepat memetakan jalur kreatif yang unik seperti opsi kedua dalam novel Choose Your Own Adventure. Speak No Evil menghindari pengulangan yang mengganggu, mengikuti konfigurasi horor Amerika yang mungkin tidak terlalu kejam, tetapi tetap menghadapi keburukan psikologis yang ada dalam pencapaian Tafdrup yang traumatis,” ucap Matt Donato.

Selain memasukkan elemen cerita baru dan memajukan tema, pembuatan ulang Speak No Evil tahun 2024 mempertahankan ketegangan dari film aslinya, bahkan saat membuat alur ceritanya jelas sejak awal. Itu adalah konsistensi yang diperlukan antara kedua film yang membuat penonton horor tetap terhibur.

Karena perubahan itu, kedua versi Speak No Evil terasa saling melengkapi, meningkatkan pesan satu sama lain dan mengeksplorasinya dari perspektif budaya yang berbeda. Selain itu, perilisan teatrikal pembuatan ulang versi Amerika membuka cerita tersebut kepada khalayak yang lebih luas, sambil menarik perhatian pada versi Denmark yang serupa tetapi berbeda.

× Image