Home > Retro

Angie Rolling Stones Tercipta Kala Sang Gitaris Jalani Detoksifikasi Heroin

Lagu Angie menduduki peringkat 1 Billboard pada 1973.
Personel Rolling Stones. (Live Music)
Personel Rolling Stones. (Live Music)

FILMUSIKU.com — Narkoba dan anak band mungkin adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan, sejak era electric rock muncul hingga memasuki tahun 2000-an. Band sekelas Rolling Stones pun pernah terjerat, meskipun tetap berhasil menelurkan sejumlah karya terbaik, termasuk lagu “Angie”.

Sang gitaris, Keith Richards, pernah bercerita tentang proses menciptakan lagu ini. “Saya menulis “Angie” di suatu sore, sambil duduk di tempat tidur,” ungkap Keith dalam otobiografinya 2010, sembari bercerita juga bahwa saat itu dia sedang menjalani detoksifikasi dari kecanduan heroinnya di Swiss.

Liriknya menunjukan kisah perpisahan antara seorang lelaki dengan perempuan bernama Angie, tetapi Keith dan sang vokalis, Mick Jagger, membantah itu. Padahal jika menelaah dari lirik dan betapa sendunya lagu ini, pendengar tentu berpikir “Angie” telah berhasil membuat Keith galau.

Hook dari lagu ini tentu ada pada penyebutan Angie yang unik dan terdengar seperti dipisah antara huruf awal ‘A’ dan ‘ngie’, terngiang. Kemudian petikan gitar yang lebih cocok untuk mengiringi para koboi yang sedang merasa patah hati.

Mengutip udiscovermusic, pada 20 Oktober 1973, Rolling Stones mengamankan peringkat pertama mereka di Amerika Serikat untuk ketujuh kalinya, ketika “Angie” menduduki puncak tangga lagu Billboard.

“Angie” adalah single mereka yang ke-24 di Amerika Serikat (ke-18 di Inggris) dan selama bertahun-tahun banyak yang berspekulasi bahwa lagu itu terinspirasi oleh Angie, istri David Bowie, atau bahkan putri Keith. Tetapi ternyata bukan dari sana inspirasi itu datang.

“Saya akhirnya bisa menggerakkan jari saya lagi dan menempatkannya di tempat yang tepat. Ini bukan tentang orang tertentu, ini adalah sebuah nama, seperti 'Ohhh Diana',” ucap Keith menceritakan masa di mana lagu “Angie” tercipta.

Rekaman “Angie” dimulai pada akhir November 1972 di Dynamic Sound Studios Kingston, Jamaika, dengan Jimmy Miller sebagai produser dan Andy Johns mengaransemen versi awal lagu ini. Versi tersebut dapat didengar di soundtrack film dokumenter Rolling Stones, Crossfire Hurricane.

Sementara Nicky Hopkins ikut mengisi piano, karena dia ada di versi final. Piano Nicky ini ditambahkan antara Mei hingga Juni 1973 di Island Studio London. “Angie” versi ini adalah final yang menjadi single dan dimasukkan ke dalam album Goats Head Soup yang dirilis pada 31 Agustus 1973.

Ada pula single “Silver Train” yang dirilis pada 20 Agustus 1973 di Inggris dan sepekan kemudian di Amerika Serikat. Lagu ini juga memasuki tangga lagu Billboard pada 8 September 1973 di peringkat 75, entri baru tertinggi mingguan (mengungguli Osmonds' “Let Me In” dan Ike and Tina Turner “Nutbush City Limits”).

Peringkat pertama “Angie” Rolling Stones digantikan oleh “Midnight Train To Georgia” Gladys Knight versi The Pips, yang merupakan entri chart tertinggi di pekan sebelumnya.

Di Inggris, “Angie” Rolling Stones menduduki peringkat kelima. Band ini memulai debut single ini pada tanggal pertama tur Eropa mereka tahun 1973 di Wina, Austria, kemudian menjadi peringkat delapan di tangga lagu Austria. Di tempat lain, lagu ini menduduki puncak tangga lagu di Australia, Kanada, Belanda, Norwegia, dan Swiss.

× Image