Home > Update

Situs MTV News Dihapus dari Internet Setelah 37 Tahun

MTV News kian menjadi favorit anak muda pada 1990-an akhir menuju era 2000-an.

MTV News melampaui ekspektasi, mengaburkan batasan mengenai apa yang dimaksud dengan pelaporan berita. Penyampaian berita bisa jadi merupakan hal yang ringan dan menyenangkan, namun ada juga saatnya untuk menjadi serius dalam pemberitaan konvensional.

Program ini menyeimbangkan kedua aspek berita, secara keseluruhan memberikan hiburan tetapi mengetahui cara membaca ruang. Pelaporan berimbang serupa juga terlihat dalam struktur Vice News dan Buzzfeed News, namun dengan lebih banyak keunggulan.

Van Toffler, mantan arsitek MTV dan Presiden Viacom Music pada saat itu, meninggalkan MTV News pada 2015. Restrukturisasi dan kemunculan media sosial dan YouTube mulai menyeret MTV News semakin terpuruk.

Meskipun ada rencana revitalisasi pada 2017, MTV News belum mencapai tujuan tersebut dengan cukup cepat. Media lain mulai mengambil alih, media sosial menjadi jurnalisme baru, dan orang-orang tidak lagi menonton atau membaca MTV News seperti dulu.

Pasar untuk outlet berita online sudah tidak banyak lagi, dan MTV News telah merasakan panasnya. Menurut Seattle Times, Paramount Global baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka mengalami kerugian bersih sebesar 1,1 miliar dollar AS pada kuartal pertama tahun 2024. Hal ini menyebabkan penutupan MTV News, sehingga Paramount dapat fokus pada media streaming.

MTV News adalah teladan pelaporan berita musik di akhir tahun 1980-an dan awal tahun 2000-an. Ia memiliki struktur dan jangkar yang dapat membawanya ke tingkatan baru yang tidak dapat dicapai oleh program berita pada saat itu.

× Image