Home > Drama

Deadpool Sang Marvel Jesus dan Pesan Sarkas Toleransi Umat Beragama

Deadpool Wolverine penuh dengan Easter Eggs.

Marvel Cinematic Universe (MCU) masuk dalam daftar perusahaan yang diboikot, karena MCU telah bergabung dengan Disney sejak 2009 ditambah dengan akuisisi Disney terhadap Fox sejak 2019. Ini karena Disney terang-terangan memberi sumbangan pada Israel sebesar Rp 31 miliar pada November 2023 lalu,

Para karyawan Disney juga turut berpartisipasi memberikan donasi dengan program Disney's Matching Gifts. Tak main-main, sumbangan para karyawan Disney berhasil terkumpul hingga 25 ribu dolar AS atau sekitar Rp 392 juta. Akibat donasi yang dilakukan Disney itu, seruan boikot Disney pun langsung ramai di media sosial, termasuk Indonesia.

Hal ini membuat film MCU ikut kena imbasnya, seperti The Marvels yang dirilis November 2023, setelah ramai aksi boikot Disney. Film tersebut menyentuh titik terendah pendapatan MCU sepanjang sejarah MCU berdiri. Padahal, jika tidak ada aksi boikot, akan banyak penggemar yang penasaran dengan aksi The Marvels sebelum memasuki fase enam.

Madame Web yang dirilis pada Februari 2024 juga ketimpaan sial, yang juga menyentuh titik terendah pendapatan superhero Marvel. Seharusnya, Madame Web bisa memiliki daya tarik sebagai sosok superhero laba-laba versi wanita, setelah Spider-man: No Way Home mencuri perhatian begitu besar.

Kemudian Deadpool & Wolverine yang dirilis Juli 2024 ini, justru memberi sedikit angin segar bagi MCU setelah tertatih. Apalagi dalam trailer terucap sebutan ‘Marvel Jesus’ yang mungkin membuka rasa penasaran penggemar tentang film ini.

Ryan Reynolds dan sang istri Blake Lively sendiri menjadi pasangan pertama yang terang-terangan menyatakan diri ingin perang Palestina-Israel selesai. Keduanya memberikan sumbangan untuk anak-anak di Palestina dan Israel sebesar Rp 15 miliar. Bisa saja, hal itu membuat penggemar ingin mendukungnya meski Reynolds bermain dalam film yang perusahaannya tidak mendukung Palestina.

Selain itu, dalam Deadpool & Wolverine, terselip pesan sarkasme toleransi umat beragama di dunia. Lewat simbol Coexist yang menyiratkan simbol semua agama seperti Islam, Nasrani, dan Yahudi. Tetapi adegan perkelahian Deadpool dan Wolverine di dalam mobil yang bertempelkan logo tersebut, justru menjadi sentilan.

Deadpool & Wolverine seolah ingin memperlihatkan bahwa semua manusia hidup di dalam dunia yang sama, kemudian menggaungkan toleransi dan perdamaian, namun peperangan tetap terus terjadi. Ini tentu mengingatkan pada perang yang masih terjadi di Israel dan Palestina.

× Image